Thursday, August 28, 2014

Peluang Usaha Makanan Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha makanan kecil saat ini masih terbuka lebar termasuk untuk ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menambah pemasukan. Apalagi tidak semua bisnis atau usaha makanan kecil memerlukan modal yag besar. Cukup melihat kemampuan yang dimiliki, ketersediaan bahan baku dan alat yang digunakan. Alat pun, jika memang belum memiliki modal bisa memanfaatkan apa yang ada terlebih dahulu. Baru kemudian ketika usaha sudah mulai berkembang bisa meningkatkan kualitas alat yang digunakan.


Bisnis makanan apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga?

Makanan ringan atau makanan kecil biasa digunakan untuk camilan bisa menjadi salah satu usaha yang dilakukan. Misalnya pembuatan keripik singkong, keripik ubi, keripik kentang, keripik bayam, dan sebagainya. Bisa juga membuat gorengan. Apalagi makanan satu ini memiliki banyak peminat. Cocok digunakan camilan teman minum teh atau kopi. Bisa dikonsumsi saat pagi hari untuk sarapan atau camilan di sore atau malam hari. Siang hari pun banyak pula yang mencari, karena bisa digunakan sebagai lauk makan siang. Gorengan tempe, tahu, bakwan, pisang, ubi, dan lainnya. Bisa dijual di sekitar rumah, sekolah, kampus, minimarket, pasar, pinggir jalan, dan lokasi lainnya yang dilewati banyak orang.

Apa yang perlu dilakukan sebagai langkah persiapan?

Untuk memulai sebuah usaha makanan tidak perlu ragu dan bingung. Cukup melihat peluang usaha makanan apa yang bisa dilakukan. Jika masih bingung juga, lakukan langkah berikut : 

1. Ketersediaan bahan baku yang ada di sekitar.
Misalnya ada banyak hasil panen buah-buahan yang tidak terdistribusi dengan baik akhirnya banyak yang busuk. Bisa buah mangga, jambu, salak dan lainnya. Hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk membuat jus buah atau makanan seperti keripik buah. 

2. Bisa juga melihat usaha makanan yang sudah ada sekitar.
Lihat yang belum ada. Jika sudah ada yang berjualan makanan berat namun belum ada yang jualan gorengan, maka peluang tersebut bisa diambil. Bisa dikombinasikan dengan berjualan aneka minuman atau makanan lainnya sehingga bisa menarik perhatian.

3. Menjual makanan untuk anak sekolah.
Misalnya bekerja sama dengan kantin sekolah. Cari tahu makanan apa yang belum ada di kantin tersebut. Lalu buat makanan dan disetorkan ke kantin sekolah. Hitung saja jika dilakukan ke banyak sekolah bisa SD, SMP atau SMA.

Nah untuk menunjang usaha Anda, jika memerlukan mesin, silahkan hubungi toko mesin Maksindo di lokasi terdekat dengan Anda

Bagaimana jika sudah ada usaha makanan sejenis? 

Jika sebelumnya sudah ada usaha makanan yang sama, segera cari yang lain. Atau jika memang ketersediaan bahan baku memang untuk usaha yang sama, segera buat inovasi atau hal yang berbeda. Hal ini agar bisa memberikan alternatif lain bagi konsumen. Misalnya berjualan gorengan, sama-sama menjual gorengan berikan hal yang berbeda. Sama-sama mendoan, namun diberikan alternatif mendoan isi keju, mendoan isi sosis ayam, tahu isi sosis, tahu isi keju, tahu isi rebung dan sebagainya. Bisa juga diberikan kemasan yang menarik. Bisa dengan kertas dengan label merek usaha gorengan Anda atau lainnya. Hal ini berlaku pula untuk jenis usahan makanan yang lain.

Mengapa peluang usaha makanan tetap menjanjikan?

Pada dasarnya orang suka makan, laki-laki maupun perempuan. Suka ngemil dan mencoba jenis makanan baru yang terlihat menarik. Makan juga merupakan kebutuhan pokok. Sehingga bisnis usaha makanan tidak akan mati dan tetap menjanjikan untuk memberikan keuntungan berupa finansial. Selama bisa melihat adanya peluang usaha makanan yang bisa dilakukan, maka seorang ibu rumah tangga sekalipun bisa sukses dan memperoleh keuntungan.

Untuk menambah wawasan Anda, silahkan baca juga peluang usaha susu kedelai. Peluang bisnis ini mudah memulainya juga

Peluang Usaha Makanan Kecil untuk Ibu Rumah Tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kevin R Rudian

0 comments:

Post a Comment