Thursday, August 28, 2014

Mengintip Segarnya Peluang Usaha Susu Kedelai

Peluang usaha susu kedelai semakin terbuka lebar lebar seiring semakin meningkatnya kesadaran kesehatan masyarakat saat ini. Dibandingkan dengan susu sapi susu kedelai jauh dari kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh orang tua sekalipun. Selain itu susu kedelai juga bisa menjadi alternatif sumber kalsium yang bisa dikonsumsi. Sangat cocok bagi para vegetarian maupun orang-orang yang alergi susu sapi dan produk olahannya. Harganya pun relatif lebih terjangkau dibandingkan susu sapi.

peluang usaha susu kedelai

Apakah usaha susu kedelai bisa mendatangkan keuntungan?

Setiap usaha yang dijalankan dengan serius dan pertimbangan yang matang pasti bisa memberikan keuntungan. Untuk itulah sebelum usaha benar-benar dijalankan perlu melakukan beberapa persiapan misalnya :

1. Cari tahu berapa banyak orang berjualan susu kedelai di sekitar lokasi.
Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui berapa banyak peluang untuk membuka usaha susu kedelai. Jika sebelumnya sudah ada, lihat bagaimana proses pengemasan maupun pemasaran yang dilakukan sehingga bisa mengambil celahnya.

2. Ketersediaan bahan dan alat.
Untuk membuat susu kedelai tentu diperlukan kacang kedelai dan alat untuk membuatnya. Alat untuk membuatnya sebenarnya bisa menggunakan blender biasa namun kapasitasnya terbatas. Blender cocok jika digunakan untuk membuat susu kedelai sendiri namun untuk usaha kapasitasnya sangat kecil dan harus memblender berkali-kali. Anda bisa mencari mesin pembuat susu kedelai yang berkualitas.

3. Cara pengemasan.
Pengemasan susu kedelai biasanya cukup dibungkus plastik dan diikat dengan rapat. Namun bisa juga dikemas dengan botol ukuran kecil. Jauh lebih praktis dan aman.

4. Siapkan alat pendingin.
Susu kedelai setelah selesai dibuat harus segera dikonsumsi. Untuk itu perlu siapkan alat pendingin atau freezer agar susu kedelai lebih awet.

Bagaimana proses pemasaran dilakukan? 
 
Saat mengetahui adanya peluang usaha susu kedelai perlu dilihat juga siapa yang akan menjadi target market atau pasarnya. Misalnya anak-anak sekolah, mahasiswa atau orang-orang kantoran yang biasanya sarapan. Berarti bisa dititipkan warung atau toko penjual jajan atau sarapan pagi. Bisa juga dengan melakukan edukasi terlebih dahulu misalnya membagikan brosur mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Dengan demikian akan timbulnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan salah satunya dengan mengonsumsi susu kedelai. Bisa juga bekerja sama dengan toko pusat oleh-oleh atau makanan ringan atau minimarket. Pastikan lokasi tersebut terdapat alat pendingin sehingga produk susu kedelai tetap terjaga kualitasnya.

Apakah perlu melakukan inovasi dengan memberikan rasa pada susu kedelai?

Jika hal tersebut dirasa diperlukan, tentu saja bisa. Hal ini untuk menarik perhatian calon konsumen agar mau mencoba susu kedelai produksi Anda. Selain rasa original atau asli, bisa juga diberikan rasa lain misalnya rasa coklat, kopi, mocca, strawberry, jeruk, nanas, durian dan lainnya. Penambahan rasa tersebut bisa menggunakan bahan yang aman dan memang digunakan untuk makanan. Anda bisa memperolehnya di toko bahan makanan. Penggunaan bahan berkualitas akan berpengaruh terhadap kualitas rasa susu kedelai tersebut.

Bagaimana dengan pemberian PIRT?

PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) merupakan izin penting untuk industri rumah tangga di bidang pangan. Adanya PIRT pada produk yang dihasilkan merupakan jaminan bahwasanya usaha makanan atau minuman rumahan tersebut memang benar-benar telah memenuhi standar keamanan makanan. Untuk meningkatkan kepercayaan para konsumen ada baiknya segera menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota di daerah Anda. Biasanya ada beberapa persyaratan yang haru dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya foto kopi identitas, foto dan sebagainya. Adanya PIRT pada susu kedelai produksi Anda akan semakin meningkatkan keberhasilan peluang usaha susu kedelai yang dilakukan.

Baca juga artikel lainnya yang menarik mengenai peluang usaha tusuk sate yang menggiurkan. Siapa tahu usaha itu cocok dengan Anda


Mengintip Segarnya Peluang Usaha Susu Kedelai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment