Thursday, August 28, 2014

Peluang Usaha Tusuk Sate Menggiurkan

Peluang usaha tusuk sate semakin menjanjikan seiring diminatinya kuliner sate saat ini. Pasalnya saat ini tidak hanya sate ayam atau kambing saja yang bisa dinikmati. Kuliner saat ini juga semakin berkembang dengan adanya sate jamur, sate tempe, sate tahu, sate marsmallow, sate bakso atau bakso bakar, dan sebagainya. Diantara para penjual sate tersebut sangat jarang atau nyaris tidak ada yang membuat tusuk sate sendiri. Pasti membeli tusuk sate pada produsen tusuk sate. Hal ini semakin membuktinya masih terbukanya peluang untuk melakukan bisnis tusuk sate ini.


Perkembangan bisnis tusuk sate

Dulu, tusuk sate dibuat dengan manual. Para perajin tusuk sate ini membuat tusuk sate dengan memotong bambu dengan ukuran kecil-kecil. Kemudian ukuran bambu kecil-kecil tersebut dirapikan sehingga lebih rapi dan tidak melukai jari saat digunakan untuk menusuk sate. Pada perkembangannya kemudian muncul mesin untuk membuat tusuk sate. Harganya juga semakin terjangkau dan semakin mudah diperoleh. Inilah yang semakin mempermudah usaha berjualan tusuk sate. Toh, saat ini penjual sate juga sangat banyak. Penjual sate keliling ataupun yang memiliki tempat sendiri. Tidak hanya sate ayam, sate kambing, sate sapi, sate kelinci, sate daging kuda, sate jamur, dan lainnya. Padahal setiap penjual sate tersebut pasti selalu membuang tusuk sate yang sudah digunakan. Artinya para penjual sate akan selalu membutuhkan tusuk sate selama mereka berjualan.

Langkah – langkah untuk memulai usaha tusuk sate

Adanya peluang usaha tusuk sate tersebut perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga bisa mendatangkan uang. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulainya adalah :
1. Lakukan Riset terlebih dahulu. Cari tahu ada berapa banyak penjual sate yang ada di sekitar lokasi Anda. Sate apa saja, baik penjual keliling maupun yang sudah menetap. Cari tahu dimana biasanya membeli tusuk sate yang digunakan. Cari tahu pula apa kesulitannya selama ini sehingga Anda bisa menggunakannya untuk memulai bisnis tersebut.
2. Cari tahu ketersediaan bahan baku. Untuk membuat tusuk sate tentu membutuhkan bahan baku utama yaitu bambu. Cari dimana bisa memperoleh bambu dengan harga terjangkau. Barangkai ada saudara, teman yang memiliki kebun bambu. Anda bisa menjalin kerja sama.
3. Mesin pembuat tusuk sate. Anda tentu tidak akan membuat tusuk sate secara manual karena jelas tidak efisien waktu dan tenaga. Manfaatkan perkembangan teknologi saat ini dengan adanya mesin pembuat tusuk sate. Cari lokasi yang menyediakannya paling terjangkau dan berkualitas mesinnya. Sehingga tusuk sate yang dihasilkan juga berkualitas.

Perlu Lakukan Promosi dan Pemasaran

Agar produk tusuk sate Anda dikenal dan diterima pasar, tentu saja harus melakukan promosi dengan menggunakan strategi yang tepat. Pengemasan perlu dibuat menarik dengan nama atau label sehingga mudah dikenali. Kemudian promosi bisa dilakukan langsung ke penjual sate, bisa juga ke distributor tusuk sate misalnya di pasar-pasar tradisional. Lakukan promosi juga pada minimarket atau supermarket. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara online dengan membuat blog, website dan jejaring sosial. Hal ini memungkinkan calon konsumen di seluruh Indonesia bisa terjaring.

Mengutamakan konsumen

Selain produk berkualitas, hal lain yang menjadi perhatian konsumen adalah pelayanan yang diberikan. Konsumen jelas lebih menerima penjelasan yang sebenarnya mengenai produk yang ditawarkan. Mengenai jumlah, kualitas dan kecepatan dalam melayani. Hal ini perlu diperhatikan agar usaha bisnis bisa berjalan lancar. Apalagi tusuk sate berkaitan pula dengan bisnis sate yang dijalankan konsumen. Jika sampai terlambat pengiriman atau kualitas tidak sesuai yang dijanjikan tentu akan mengecewakan konsumen. Peluang usaha tusuk sate tidak hanya sekedar mencari keuntungan finansial semata namun berkaitan juga dengan kepercayaan konsumen sehingga bisnis yang dilakukan benar-benar sukses.

Peluang Usaha Tusuk Sate Menggiurkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kevin R Rudian

0 comments:

Post a Comment